Mengajarkan siswa-siswi untuk membantu sesama dengan memberikan donasi berupa uang tunai secara langsung sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Ada cara lain untuk mengajak mereka berdonasi, yaitu melalui metode edukasi.

Siswa-siswi akan diajarkan untuk membuat sebuah karya yang nantinya akan dilelang kepada orang tua mereka. Hasil lelang akan didonasikan untuk membantu masyarakat di Pedalaman. Dari kegiatan seperti ini siswa diajarkan pengalaman baru dalam program berbagi. Mereka berdonasi melalui jerih payah sendiri, bukan hanya sekadar dari titipan orang tua. Selain itu, melatih kreativitas, belajar berwirausaha, dan yang pasti mengajarkan mereka untuk berbagi dengan sesamanya.

Program Karyaku untuk Bantu Pedalaman ini diperuntukkan bagi siswa-siswi TK, SD, SMP, dan SMA di Jabodetabek. Bentuk karya seni yang diajarkan disesuaikan dengan tingkatan pendidikan. Beberapa contohnya, yaitu talenan art, menanam sayuran, menghias celengan, dll.

Hasil karya siswa-siswi SD Islam Al Ikhlas dalam program Karyaku untuk Bantu Pedalaman.

Jika ada sekolah yang berminat dan sepakat dengan SBN Foundation untuk melakukan kegiatan ini, maka teknis kegiatannya yaitu :

  1. Sekolah menginformasikan kepada orang tua siswa berkaitan kegiatan ini sekaligus menginformasikan perlengkapan yang harus dibawa oleh siswa.
  2. SBN Foundation menyiapkan perlengkapan dan mengajarkan karya seni yang disepakati kepada para siswa.
  3. Setiap Guru dan wali kelas dapat mendampingi siswa-siswinya saat pelaksanaan kegiatan, serta ikut mengawasi dan mengarahkan.
  4. Sekolah mengabarkan kepada orang tua, bahwa uang hasil penjualan karya siswa-siswi tersebut akan didonasikan untuk pembangunan Sekolah di Lembata, Nusa Tenggara Timur.
  5. Pengumpulan donasi dilakukan oleh setiap wali kelas dan dikumpulkan menjadi satu dengan kelas lainnya dan dilakukan penyerahan donasi kepada SBN Foundation maksimal 1 Minggu setelah kegiatan.
  6. Siswa yang dapat menjual hasil karya dengan nilai tertinggi akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat dan kaos dengan sablon ekskulif nama siswa.

Adapun beberapa benefit yang akan diterima oleh mitra sekolah, yaitu :

  1. Sertifikat penghargaan donasi.
  2. Report penyaluran donasi berupa soft copy dan hard copy
  3. Jika terkumpul donasi hingga tercukupi dana pembuatan 1 kelas, maka akan dibuatkan prasasti dengan mencantumkan keterangan donasi dari sekolah mitra kerjasama tersebut.
%d bloggers like this: