”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim)

Menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, olahraga memanah juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam. Keahlian memanah memberi peran penting bagi kaum Muslimin untuk mendapatkan kemenangan di berbagai medan perang.

Pada masa Nabi Adam, Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk memberikannya busur dan dua anak panah. Busur dan anak panah itu kemudian digunakan untuk membunuh seekor burung yang mencuri tanaman milik Adam (Republika, 19/10/2015: Alasan Panahan Tempati Posisi Istimewa dalam Islam). Ternyata, memanah memang sudah menjadi bagian dari Islam sejak awal.

”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

Selain sebagai olahraga sunnah yang sudah dianjurkan oleh Rasulullah dan sudah beriringan dengan peradaban Islam sejak awal, memanah juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga panahan:

  1. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tangan juga mata
  2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari
  3. Membangun kekuatan dan relaksasi tubuh
  4. Meningkatkan kesabaran, fokus dan percaya diri
  5. Memanah juga ibarat pencapaian dalam kehidupan. Sekeras apapun berusaha, hasil akhirnya harus selalu diserahkan hanya pada Allah SWT.

Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman tentunya juga ingin mendapatkan manfaat dari olahraga memanah. Karenanya, diadakan Coaching Clinic Archery di Basecamp Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman. Pada Sabtu, 14 April 2018, pertemuan pertama Coaching Clinic Archery pun diadakan, bersama dengan beberapa Pejuang Pedalaman.

Ingin menjadi bagian dari Coaching Clinic Archery bersama Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman juga? Yuk!

Update terbaru tentang kegiatan ini bisa langsung dilihat di media sosial Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman. Selain itu, informasinya juga dapat ditanyakan melalui nomor kontak 0821 1222 8012.

Semoga Allah SWT selalu memberikan kita semua kesehatan dengan berolahraga, agar semakin memberi manfaat bagi saudara kita di pedalaman. Sampai jumpa di jadwal selanjutnya. Jazakumullah khairan katsira.

Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman
“Langkah kecil kita, Bahagiakan mereka”
#BantuAjaDulu

 

%d bloggers like this: